Selasa, 25 Juni 2013

Kategori Ketiga : Tokoh Sastra Yang Melegenda


1.   Amir hamzah

Tengku Amir Hamzah yang bernama lengkap Tengku Amir Hamzah Pangeran Indera Putera. Amir hamzah lahir di Tanjung Pura langkat 28 Februari 1911. Dan Amir Hamzah meninggal di Kuala Begumit pada tanggal 20 Maret 1946 pada umur 35 tahun, ia merupakan seorang sastrawan Indonesia angkatan Pujangga Baru. Ia lahir dalam lingkungan keluarga bangsawan Melayu(Kesultanan Langkat) dan banyak berkecimpung dalam alam sastra dan kebudayaan Melayu.

Karya sastranya:
Amir Hamzah mewariskan 50 sajak asli, 77 sajak terjemahan, 18 prosa liris, 1 prosa liris terjemahan, 13 prosa, dan 1 prosa terjemahan. Jumlah keseluruhan karya itu adalah 160 tulisan. Dua karya Amir Hamzah yang paling terkenal adalah kumpulan sajak Nyanyi Sunyi (1937) dan Buah Rindu (1941). Dalam Buah Rindu, yang ditulis antara tahun 1928 dan tahun 1935 terlihat jelas perubahan perlahan saat lirik pantun dan syair Melayu menjadi sajak yang lebih modern

2.      Chairil Anwar

Chairil Anwar (lahir di Medan, Sumatera Utara, 26 Juli 1922 – meninggal di Jakarta, 28 April 1949 pada umur 26 tahun), dijuluki sebagai "Si Binatang Jalang" (dari karyanya yang berjudul Aku), adalah penyair terkemuka Indonesia
Chairil Anwar (lahir di Medan, Sumatera Utara, 26 Juli 1922 – meninggal di Jakarta, 28 April 1949 pada umur 26 tahun), dijuluki sebagai "Si Binatang Jalang"

Karya sastranya:
·       Deru Campur Debu (1949)
·       Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan Yang Putus (1949)
·       Tiga Menguak Takdir (1950) (dengan Asrul Sani dan Rivai Apin)
·       "Aku Ini Binatang Jalang: koleksi sajak 1942-1949", disunting oleh Pamusuk Eneste, kata penutup oleh Sapardi Djoko Damono (1986)
·       Derai-derai Cemara (1998)
·       Pulanglah Dia Si Anak Hilang (1948), terjemahan karya Andre Gide
·       Kena Gempur (1951), terjemahan karya John Steinbeck

3.      Sapardi Djoko Damono

Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono (lahir di Surakarta, 20 Maret 1940; umur 73 tahun) adalah seorang pujangga Indonesia terkemuka. Ia dikenal dari berbagai puisi-puisi yang menggunakan kata-kata sederhana, sehingga beberapa di antaranya sangat populer.

Karya sastranya:
1.    "Duka-Mu Abadi", Bandung (1969)
2.    "Mata Pisau" (1974)
3.    "Lirik Klasik Parsi" (1977; terjemahan)
4.    "Perahu Kertas" (1983)
6.    "Afrika yang Resah (1988; terjemahan)
7.    "Hujan Bulan Juni" (1994)
8.    "Arloji" (1998)
9.    "Ayat-ayat Api" (2000)
10.  "Mata Jendela" (2002)

4.   W.S. Rendra

Rendra (Willibrordus Surendra Broto Rendra); lahir di Solo, Jawa Tengah, 7 November1935 – meninggal di Depok, Jawa Barat, 6 Agustus 2009 pada umur 73 tahun) adalah penyair ternama yang kerap dijuluki sebagai "Burung Merak". Ia mendirikan Bengkel Teaterdi Yogyakarta pada tahun 1967. Ketika kelompok teaternya kocar-kacir karena tekanan politik, kemudian ia mendirikan Bengkel Teater Rendra di Depok, pada bulan Oktober 1985. Semenjak masa kuliah ia sudah aktif menulis cerpen dan esai di berbagai majalah.
Karya sastranya:
1.      Ballada Orang-Orang Tercinta
2.      Blues untuk Bonnie
3.      Empat Kumpulan Sajak
4.      Sajak-sajak Sepatu Tua
5.      Mencari Bapak
6.      Perjalanan Bu Aminah
7.      Nyanyian Orang Urakan
8.      Pamphleten van een Dichter
9.      Potret Pembangunan Dalam Puisi


5.      Taufiq Ismail

Taufiq Ismail gelar Datuk Panji Alam Khalifatullah, (lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 25 Juni 1935; umur 77 tahun), ialah seorang penyair dan sastrawan Indonesia.
Karya sastranya:
·         Ismael, Taufiq (1995). Prahara Budaya:kilas-balik ofensif Lekra/PKI dkk.:kumpulan dokumen pergolakan sejarah (dalam bahasa Bahasa Indonesia). Bandung: Mizan dan H.U. Republika. hlm. 469.
·         Taufiq Ismail. Vernite Mne Indoneziyu (Kembalikan Indonesia Padaku). Puisi Pilihan. Diselenggarakan dan diterjemahkan oleh Victor Pogadaev. Moskow: Klyuch-C, 2010



Contoh Prosa (Berupa Legenda)

“LEGENDA NISAN BERLUMUR DARAH" CERITA RAKYAT MARTAPURA KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN


Mashor adalah pemuda yang bertempat tinggal di desa yang sekarang sekitar Pekauman dan teluk selong. Mashor berasal dari keluarga yang miskin, tetapi mempunyai pendidikan yang tinggi dan budi akhlaknya tinggi. Dia mempunyai keahlian membaca Al-Quran yang sangat indah didengar. Mashor sebagai orang yang tidak mampu ikut bekerja di rumah Fatimah sebagai pembantu.Fatimah merupakan gadis dari keluarga sangat kaya. Mereka tinggal disebarang desa Mashor, mungkin sekarang daerah Kampung Melayu. Orang tuanya merupakan pedagang yang mempunyai hubungan dagang keluar daerah. Terutama daerah Singapura.Mashor sebagai pembantu mempunyai banyak pekerjaan yang harus dilakukannya seperti menimba air, memotong kayu, dan lain-lain. Hari demi hari, bulan demi bulan itu saja yang dilakukannya untuk membiayai hidup dan orang tuanya. Selama beberapa tahun Mashor bekerja dirumah kaya itu membuat Fatimah secara tidak sadar jatuh cinta kepadanya begitu juga sebaliknya. Tetapi karena adat yang menjaga ketat pertemuan antara perawan dengan bujangan membuat hubungan mereka tidak diketahui oleh keluarga.Mashor sadar percintaan mereka pasti akan ditentang oleh keluarga Fatimah yang memegang adat keluarga. Mereka hanya akan menikahkan anak gadisnya hanya dengan orang yang sederajat dan mempunyai hubungan keluarga bangsawan dan pasti tentu harus pilihan keluarga. Tetapi Cinta di hati tidak bisa menolaknya. Tidak lama kemudian hubungan mereka mulai diketahui orang tua Fatimah. Betapa marahnya orang tua Fatimah mengetahui hal demikian. Mereka memutuskan untuk menjauhkan Mashor dari Fatimah dengan menugaskan Mashor menjaga kebun karet dan ladang keluarga Fatimah di seberang sungai.Kebun karet ini berada jauh dari rumah Fatimah, menujunya hanya bisa dengan perahu jukung karena melewati sungai yang kecil. Mashor di berikan pondok kecil untuk berteduh dan melakukan kegiatan sehari-hari. Setiap hari dia bekerja merawat kebun karet tersebut. Setiap hasil karet hanya orang suruhan keluarga Fatimah saja yang mengambilnya. Dia tidak diberikan kesempatan untuk ke rumah sang Majikan.Fatimah mengetahui kabar Mashor hanya dengan meminta keterangan acil ijah, pembantu yang sering mengatarkan beras buat Mashor.Suatu hari ada orang kaya bernama Muhdar yang masih ada hubungan keluarga dengan Fatimah badatang (melamar) ke rumah Fatimah dengan menggunakan satu buah kapal yang sangat besar sesuai dengan derajat kekayaan orang tersebut. Niat Muhdar disambut baik oleh keluarga Fatimah, mereka sepakat untuk mengadakan perkawinan besar-besaran. Hal ini tidak menjadi beban bagi Muhdar karena kakayaannya.Fatimah sangat menentang niat orang tuanya yang menjodohkannya dengan Muhdar. Dia kenal betul perangai Muhdar. Walaupun kaya tetapi dia tidak mempunyai budi pekerti dan ilmu agama sebaik Mashor. Tetapi dia harus menjalankan dua pilihan yang sangat berat. Di satu sisi dia mempunyai pilihan dan cinta yang diyakininya membawa kebahagian di dunia dan di akhirat yaitu hidup bersama Mashor. Di satu sisi dia harus mengikuti perintah orang tuanya, dia sadar menyakiti hati orang tua adalah perbuatan yang durhaka. Akhirnya Fatimah pasrah terhadap perjodohan ini. Perjodohan yang dilandasi oleh harta, hubungan keluarga bukan oleh Cinta. Mashor yang berada jauh tidak mengetahui perjodohan ini. Semuanya yang datang ke gubuk Mashor bekerja selalu menutupinya. Mereka tidak ingin dipecat majikan jika menceritakan hal tersebut.Akhirnya acara pernikahan di mulai, Muhdar datang dengan beberapa kapal besar yang membawa mas kawin atau jujuran. Ada kapal yang membawa isi kamar lengkap, ada kapal yang membawa perhiasan emas dan batu permata, ada kapal yang membawa pakaian wanita yang sangat indah-indah. Bagi mereka semua itu hal biasa, karena bisnis dagang keluarga ini ke Singapura berupa batu permata dan kain. Mereka mempunyai banyak pelanggan di Singapura. Pada jaman tersebut sungai Martapura digunakan sebagai jalur perdagangan. Kapal-kapal besar pedagang Martapura sering berangkat membawa barang dagangan ke Pulau Jawa dan Sumatera hingga Singapura dan Malaysia. Sesuai dengan jalur perdagangan dunia antara Malaysia dan pulau Sumatera.Pada malam harinya ketika semua kelelahan. Muhdar dan Fatimah tidur di kamar penganten. Belum sempat malam pertama itu terjadi ternyata rumah Fatimah terbakar akibat api dapur lupa di matikan. Muhdar lari keluar dengan segera tanpa memperdulikan Fatimah. Api semakin membesar Fatimah terjebak di dalamnya.Mashor yang belum tidur melihat dari kejauhan warna merah di langit yang menadakan kebakaran. Dia yakin kebakaran itu berada di rumah Fatimah. Tanpa peduli aturan majikannya yang tidak memperbolehkannya mendekati rumah dia langsung berlari mengambil jukung. Setelah sampai di rumah Fatimah dia diberitahu bahwa Fatimah terjebak di dalamnya. Dengan kekuatan Cintanya dia terobos api dan menemukan Fatimah pingsan karena terlalu banyak menghirup asap. Dia angkat Fatimah melewati api yang besar. Dengan badannya dia melindungi Fatimah dari api dan kayu rumah yang berjatuhan. Setelah dia bawa keluar Mashor disambut Muhdar dengan merebut Fatimah dari pangkuan Mashor. Dengan demikian Mashor akhirnya mengetahui perkawinan tersebut. Belum sempat dia mendapatkan penjelasan, Mashor pingsan karena terlalu banyak luka bakar yang dialaminya.Keluarga Fatimah memerintahkan agar mashor dirawat kembali di gubuknya tempatnya bekerja. Dan menginginkan agar peristiwa heroic ini jangan sampai diketahui Fatimah.Subuh harinya mashor tidak bisa bertahan. Dia meninggal karena luka yang terlalu parah. Setelah sholat dzuhur dia dimakamkan di daerah perkebunan karet tersebut. Atau tepatnya sekarang berada di desa Tungkaran. Makam Mashor sederhana dengan nisan ulin. Untuk mencegah babi hutan kuburannya juga dipagar bambu.Semuanya berada di pemakaman, baik teman-teman Mashor maupun keluarga Fatiamah. Tetapi Fatimah tidak mengetahui kematian ini. Dia masih lemah di kamar rumah Muhdar. Dia masih bertanya di dalam hati bagaimana dia bisa selamat, suaminya sendiri meninggalkannya saat kebakaran itu terjadi. Sewaktu malam hari pertanyaan itu di keluarkannya pada acil ijah yang sejak kecil merawatnya. Acil ijah tahu betul perasaan Fatimah kepada Mashor. Karena tidak dapat mendustai tuannya yang sejak kecil dia pelihara tersebut akhirnya dia ceritakan peristiwa kebakaran itu.Fatimah yang sangat rindu Mashor akhirnya menanyakan keberadaan Mashor. Dengan sangat hati-hati acil ijah menceritakan kematian Mashor dan memberitahukan letak kuburannya. Dia berjanji menemani Fatimah besok untuk ziarah ke kuburan Mashor.Fatimah Sangat terpukul hatinya mengetahui pemuda yang melindungi dan dicintainya telah tiada. Menangislah Fatimah sejadinya. Setelah semua orang terlelap tidur, jam 3 subuh tanpa sepengetahuan yang lain Fatimah keluar rumah. Dia tidak dapat menyimpan perasaan rindu dan dukanya. Tanpa menunggu siang dia bertekad harus menemukan kekuburan mashor. Dia tidak yakin kekasihnya sudah meninggal jika tidak menemukan kuburannya langsung. Dia seberangi sungai Martapura dan berjalan menyisir jalan setapak. Dia masih ingat letak kebun karet keluarganya ketika ayahnya pernah mengajak sewaktu kecil. Malam itu hari hujan dengan deras tetapi tidak menyurutkan hati Fatimah, di dalam hatinya hanya ada satu nama Mashor. Dipikirannya hanya ada satu wajah Mashor pemuda yang sangat mengerti dirinya. Setelah tiba di kebun karet keluarganya, Fatimah tanpa sadar dan mungkin karena ilusi yang muncul karena obsesinya bertemu mashor, dia melihat Mashor berdiri tersenyum kepadanya ditengah rintikan hujan. Tanpa berpikir panjang Fatimah berlari ingin memeluk tubuh kekasihnya melepaskan segala kerinduannya. Fatimah menabrak tubuh lelaki itu hingga terjatuh tanpa disadari pagar yang terbuat dari bambu yang melindungi kuburan Mashor menusuk tubuh Fatimah tepat di dadanya. Darah mengucur dan menetes di atas kubur Mashor dan melumuri nisannya. Fatimah meninggal dengan senyum dia yakin menemukan cintanya.

Contoh Drama

berikut contoh sastra berbentuk Drama yang saya perankan sendiri. Tepatnya saya perankan di Teater "O" USU dalam rangka penyambutan Majelis Teater Negri Pahang Malaysia




berisi tentang manusia yang mencari jati diri. dan mengandung bahwa manusia tak sepadan dengan Tuhan.
sekaligus mengandung makna bahwa harta dan kemenangan bukan segalanya di dunia.
Semoga bisa menghibur :D

Kategori kedua: Contoh Puisi


Berikut adalah contoh sastra berupa puisi yang saya buat sendiri:


Mimpi
Bagai sepasang kekasih yg bermain di tengah rumput ilalang. 
aku mencium mu dan meresapi aroma tubuh mu d sana,ya qt bermanja bagai sepasang kekasih. 
Untuk kita brdua dunia trasa indah saat it. . 
Hingga senja telah mencapai puncak nya,dan aqu terjaga dari mimpi it. . 

Tentang cinta
Keheningan angin malam dalam temaram 
bersembunyi di balik genggam jiwa, 
aku menatap pada yang gaib 
Ada kekuatan samar menyambar, 
membuncahi hati, 

sampai fajar mengisi bilik dgn cahaya merah.. 
Keterjagaan ada di kelopak mataku yg kuyu, 
mimpi-mimpiku melayang di atas pembaringan batu, menyadarkanku bahwa itu cinta.. 

Cinta yg telah menyentuh dgn ujung jemarinya 
mengalahkan alunan derita pada bejana.. 
Dan tentang cinta itu adalah hal tabu, 
layaknya wanita yg menyentuhkan cintanya padaku.. 

Tak terganti
Harus kah aqu tetap terjaga hanya utk menikmati indah nya bayang mu. ?
Atau krna hanya d bayangan saja aku bisa menikmati indah muw hingga aku tetap terjaga. .
Tuhan d pandangan qu hanya ada sabana yg gersang tanpa nya. .
Bahkan aku telah mencari bibit indah yg lain utk menggantinya tapi dy tetap muncul dari angan ini. .

Orang Yang Mencintaimu



Seseorang yg mencintaimu tak 
bisa memberikan alasan mengapa 
ia mencintaimu. Dia hanya tau 
hanya kamu satu-satu nya... 

Seseorang yg mencintaimu 
sebenarnya selalu membuatmu 
marah, kadang jengkel, stress, 
bahkan cenderung mjd gila. Tp ia 
tak pernah tau hal bodoh apa yg 
sudah ia lakukan karena semua 
yg ia lakukan hanya untuk 
kebaikanmu. 

Seseorang yg mencintaimu jarang 
memujimu, ttpi di dalam hatinya 
hny kamu yg terbaik dan hanya ia 
yg tau. Yakinlah... 

Seseorang yg mncintaimu akan 
marah2 atau mengeluh jk kamu 
ga membalas pesannya atau 
teleponnya. Karena ia peduli dan 
tdk ingin sesuatu terjadi kpdmu... 

Seseorang yg mencintaimu hny 
menjatuhkan air matanya 
dihadapanmu ketika kamu 
mencoba utk menghapus air 
matanya krn telah menyentuh 
hatinya dimana hatinya selalu 
berdeguk, berdenyut dan selalu 
bergetar untukmu... 

Seseorang yg mencintaimu akan 
mengingat setiap kata yg kamu 
ucapkan bahkan yg tidak sengaja 
dan ia akan menggunakan kata2 
itu tepat pada waktunya... 

Seseorang yg mencintaimu tidak 
akan memberikan janji dengan 
mudah krn ia tdk mau 
mengingkari janjinya, ia ingin 
kamu dpt mempercayainya dan ia 
ingin memberikan hidup yg 
paling bahagia dan aman 
selama2nya.. . 


Seseorang yang mencintaimu 
mungkin tidak bisa mengingat 
kejadian atau kesempatan 
istimewa seperti perayaan hari 
ultahmu. Tetapi ia tau bahwa 
setiap detik yang ia lalui ia 
mencintaimu. Tidak peduli hari 
atau waktu apapun... 

Seseorang yang mencintaimu 
tidak mau berkata aku 
mencintaimu dengan mudah 
karena segala yang ia lakukan 
untukmu adalah untuk 
menunjukkan bahwa ia siap 
mencintaimu, tetapi hanya ia yang 
mengatakan kata "I love you" 
pada situasi yang sangat spesial 
karena ia tidak mau membuatmu 
salah mengerti. Dia mau kamu 
mengetahui bahwa ia 
mencintaimu. .. 

Seseorang yang benar2 
mencintaimu akan merasa bahwa 
sesuatu harus dikatakan sekali 
saja karena dia berpikir bahwa 
kamu telah mengerti dirinya. Jika 
berkata terlalu banyak dia akan 
merasa bahwa tidak akan ada 
yang membuatnya bahagia atau 
tersenyum... 

Seseorang yang mencintaimu 
akan pergi ke bandara untuk 
menjemputmu dia tidak akan 
membawa seikat mawar dan 
memanggilmu sayang seperti 
yang kamu harapkan. Tetapi ia 
akan membawakan kopermu dan 
menanyakan kenapa kamu 
menjadi lebih kurus hanya dalam 
waktu 2 hari dengan hatinya yang 
tulus... 

Seseorang yang mencintaimu 
tidak tau apakah ia harus 
menelponmu ketika kamu marah. 
Tetapi ia akan mengirimkan 
pesan setelah beberapa jam. Jika 
kamu menanyakan kenapa ia 
terlambat menelpon, dia akan 
berkata ketika kamu marah 
penjelasan dari dirinya semua 
hanyalah sampah. Tetapi ketika 
kamu sudah tenang 
penjelasannya baru akan benar 
benar berguna… 


NB: Agan-agan ni puisi yang pertama-tama saya buat. Tahun 2011 jadi masih agak lebay :D harap maklum

Kategori pertama :Pengertian sastra dan bagiannya

Sastra (Sansekerta, shastra) merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta śāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu. Tetapi kata "sastra" bisa pula merujuk kepada semua jenis tulisan, apakah ini indah atau tidak.Selain pengertian istilah atau kata sastra di atas, dapat juga dikemukakan batasan / defenisi dalam berbagai konteks pernyataan yang berbeda satu sama lain. Kenyataan ini mengisyaratkan bahwa sastra itu bukan hanya sekedar istilah yang menyebut fenomena yang sederhana dan gampang.
 Sastra merupakan istilah yang mempunyai arti luas, meliputi sejumlah kegiatan yang berbeda-beda. Kita dapat berbicara secara umum, misalnya berdasarkan aktivitas manusia yang tanpa mempertimbangkan budaya suku maupun bangsa. Sastra dipandang sebagai suatu yang dihasilkan dan dinikmati. Orang-orang tertentu di masyarakat dapat menghasilkan sastra. Sedang orang lain dalam jumlah yang besar menikmati sastra itu dengan cara mendengar atau membacanya.
Batasan sastra menurut PLATO, adalah hasil peniruan atau gambaran dari kenyataan (mimesis). Sebuah karya sastra harus merupakan peneladanan alam semesta dan sekaligus merupakan model kenyataan. Oleh karena itu, nilai sastra semakin rendah dan jauh dari dunia ide.

Sastra dapat dibagikan menjadi tiga macam:
  1. puisi
  2. drama
  3. prosa(mite, legenda, dongeng)
Aristoteles murid Plato memberi batasan sastra sebagai kegiatan lainnya melalui agama, ilmu pengetahuan dan filsafat. Menurut kaum formalisme Rusia, sastra adalah sebagai gubahan bahasa yang bermaterikan kata-kata dan bersumber dari imajinasi atau emosi pengarang. Rene Welleck dan Austin Warren, memberi defenisi bahasa dalam tiga hal :
  1. Segala sesuatu yang tertulis
  2. Segala sesuatu yang tertulis dan yang menjadi buku terkenal, baik dari segi isi maupun bentukkesusastraannya
  3. Sebagai karya seni yang imajinatif dengan unsur estetisnya dominan dan bermediumkan bahasa.
Sastra merupakan perwujudan pikiran dalam bentuk tulisan. Tulisan menggambarkan media pemikiran yang tercurah melalui bahasa, bahasa yang bisa direpresentasikan dalam bentuk tulisan, media lain bisa saja berbentuk gambar, melody musik, lukisan ataupun karya lingkungan binaan/arsitektur.
Sastra menjadi bagian dari budaya masyarakat. Sastra yang memuat materi yang tinggi dipelihara secara turun-temurun oleh para pujangga, banyak yang secara lisan karena media tulisan sangat terbatas, hanya daun lontar.

Menurut KBBI arti sastra adalah
  1. bahasa (kata-kata, gaya bahasa) yang dipakai dalam kitab-kitab (bukan bahasa sehari-hari);
  2. karya tulis, yang jika dibandingkan dengan tulisan lain, memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keaslian, keartistikan,      keindahan dalam isi dan ungkapannya.